Tipe-tipe Meridian

Seperti sudah diketahui sebelumnya bahwa terdapat berbagai jenis meridian. Untuk memperjelas maka meridian dipilah menurut letak dan fungsinya. Dengan kedua kriteria ini dikenal 5(lima) jenis meridian seperti yang dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Seperti sudah disebutkan pada topik sebelumnya (minggu lalu) telah diketahui bahwa setiap meridian organ Yang mempunyai pasangan dengan meridian organ Yin, di mana semuanya tetap dapat dikategorikan ke dalam lima unsur.

Tipe Meridian
(Jumlah) Uraian/Keterangan
Meridian Utama
(12) Meridian utama terhubung langsung dengan nama organ-organ tubuh yang sesuai. Mempunyai jalur-jalur dekat permukaan kulit dan titik-titik akupunktur yang sensitif.
Meridian tambahan
(8) Meridian tambahan mempunyai fungsi sebagai penyangga meridian utama. Masing-masing meridian hanya mempunyai 2 titik akupuntur.
Meridian ‘Lo’ atau meridian penghubung Meridian ini menghubungkan atau mengkaitkan setiap meridian utama dengan meridian pasangannya (organ Yang dan Organ Yin).
Meridian otot Meridian otot terletak lebih dekat dengan permukaan kulit dibandingkan dengan meridian utama. Fungsi meridian ini adalah memberi ‘makan’ pada otot-otot dan persendian.
Meridian lainnya Meridian-meridian yang tidak termasuk ke dalam 4 kategori di atas, masuk dalam kategori ini. Meridian ini sedikit berbeda dengan meridian utama. Fungsi meridian ini adalah membawa energi untuk membantu masing-masing organ menangkal dampak buruk yang menyerang organ-organ tersebut.

Sebagai tambahan, pada pasangan meridian yang sudah disebutkan pada artikel sebelumnya, meridian juga dapat diklasifikasikan menurut kualitas energi yang mereka bawa. Semua meridian utama berawal dari ujung jari tangan atau telapak kaki, di mana 6 meridian berawal dari ujung jari tangan (jantung, perikardium, paru-paru, usus kecil, triple heater dan usus besar) dan 6 meridian berawal dari telapak kaki (hati, limpa, ginjal, kantung empedu, lambung, kandung kemih).

Dalam pengobatan Cina, fungsi organ lebih penting dibanding dengan bentuk anatomi maupun letak organ tersebut. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa pada pengobatan Cina ada larangan untuk melakukan operasi (membedah tubuh) dan mereka akan mencari kebenaran dengan menggunakan pendekatan metafisik – berlainan dengan pengobatan Barat yang menitikberatkan pada pendekatan material atau tubuh secara fisik.

About these ads

Tentang AKUPUNTUR

aku sedang belajar menulis
Tulisan ini dipublikasikan di Meredian. Tandai permalink.

11 Balasan ke Tipe-tipe Meridian

  1. benny Indra K berkata:

    saya tertarik dengan ilmu akupunktur, tolong berikan saya gambar/video titik akupunktur pada tubuh/anatomi tubuh.

  2. AKUPUNTUR berkata:

    Maaf sebenarnya ada gambar akupuntur tapi saya masih belum bisa meng uploadnya ;-) maklum masih awam. Saya belajar dulu yaa.

  3. yahya baharudin berkata:

    saya tertarik dengan pengobatan ini mungkin akan lebih baik jika dilengkapi dengan skema atau gambar agar lebih mudah di pelajari bagi pemula seperti saya!!

  4. abu nidaa thoe berkata:

    stuju sama tmn2 laennya. moga bisa diaplod gbrnya ya.

  5. munajat berkata:

    terimakasih

  6. matoa berkata:

    matuer suwun

  7. isakbinsar berkata:

    very good .cuma agak krg lengkap ya ……

  8. agung berkata:

    akupuntur baik sekali apalagi juga didukung dengan bekam. bekam sesuai dengan risalah Rasul Muhammad saw. jadi sehat dan beramalkan sesuai sunnah. yang minat hub. trimakasih

  9. Ping balik: Meridian Chong dalam Akupunktur « ratriardian

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s