Denyut Nadi IV

telapak-tangan.jpgDenyut-denyut nadi lain Masih ada perbagai jenis denyut nadi lain di luar yang sudah disebutkan di atas, tetapi kurang begitu penting. Jenis-jenis denyut nadi ini hanya dapat diketahui oleh mereka yang sudah berpengalaman dan digunakan sebagai dasar untuk menentukan diagnosis.

Denyut nadi berlebih (flooding pulse) adalah denyut nadi kuat dan mampu ‘memukul’ jari yang mengukurnya, tetapi kemudian denyut itu kehilangan tenaganya, seperti ombak yang memecah di pantai. Hal ini menunjukkan panas ‘melukai’ cairan-cairan dan Yin dalam tubuh.
Denyut nadi semenit (minute pulse) adalah denyut nadi yang teratur dan lembut, tetapi kurang nyata seperti halnya denyut tipis. Sangat sulit dideteksi dan tampaknya tidak ada denyut. Hal ini menunjukkan pasien menderita kekurangan akut.
Denyut nadi lemah (frail pulse) adalah denyut nadi yang lembut, di mana dalam beberapa kasus juga tipis. Denyut ini biasanya terasa pada tingkatan paling dalam (dekat tulang). Denyut ini menunjukkan kondisi kekurangan chi yang akut karena chi tidak mampu menaikkan denyut.
Denyut nadi basah (soggy pulse) adalah kombinasi antara denyut tipis, kosong dan mengambang. Denyut ini sangat lemah, dan kurang terasa dibandingkan dengan denyut tipis, dan terjadi pada posisi di dekat kulit. Tekanan keras akan membuat denyut ini hilang, Denyut nadi basah terasa seperti gelembung air mengambang di atas air. Hal ini menunjukkan kekurangan darah atau Jing dan terkadang lembab.
Denyut nadi berkulit (leather pulse) adalah kombinasi antara denyut nadi liat dan denyut nadi mengambang, dengan aspek denyut kosong. Denyut ini terasa seperti kulit gendang atau drum. Denyut ini menunjukkan kekurangan darah atau Jing.
Denyut nadi tersembunyi (hidden pulse) adalah adalah bentuk ekstrem dari denyut nadi tenggelam. Perlu tekanan keras ke (urat) nadi untuk merasakannya. Jika denyut nadi tersembunyi keras adalah indikasi bahwa dingin menyerang Meridian. Apabila lemah menunjuk kekurangan Yang.
Denyut nadi terikat (confined pulse) adalah lawan dari denyut nadi berkulit dan merupakan salah satu bentuk denyut nadi tersembunyi. Denyut nadi ini sangat dalam dan liat, biasanya panjang dan kuat. Ini menunjukkan serangan Dingin.
Denyut nadi bergerak (spinning or moving pulse) adalah kombinasi denyut nadi pendek, ketat, licin dan cepat. Denyut ini hanya terasa pada satu posisi (tangan) dan disebut dengan “tidak lengkap, tanpa kepala dan tanpa ekor, seperti kacang” Hal ini menunjukkan kondisi ekstrim dan jarang terjadi. Biasanya terjadi dalam kasus gagal jantung, kondisi sangat ketakutan, demam atau kesakitan.

Denyut nadi bergema (hollow pulse) terasa seperti kulit kacang tanah yang busuk – padat di luar tapi dalamnya kosong. Sering terasa seperti denyut mengambang. Denyut nadi bergema menunjuk pasien kekurangan darah dan sering kali terdeteksi setelah seseorang kehilangan banyak darah.
Denyut terpencar (scattered pulse) mirip dengan denyut kosong karena sama-sama mengambang, besar dan lemah. Jika denyut besar maka sulit dibedakan dengan denyut kosong, meskipun cenderung mempunyai karakteristik utama seperti mundur atau surut. Hal ini menunjukkan ketidakharmonisan – ginjal Yang, dimana denyut kehilangan tenaga dan “mengambang.”

Tentang AKUPUNTUR

aku sedang belajar menulis
Pos ini dipublikasikan di Diagnosa. Tandai permalink.

8 Balasan ke Denyut Nadi IV

  1. yono berkata:

    trimakasih saya membaca tulisan saudara,semoga anda mendapat pahala dari setiap tulisan yang bermanfaat

  2. Roni berkata:

    terima kasih saya jadi bisa tambah pengetahuan. semoga akupuntur bisa maju seperti harapan kita semua akupunchturis

  3. JOKO berkata:

    TERIMAKASIH UNTUK TULISANYA. SEKSES SELALU

  4. Nur Afifah berkata:

    terimah kasih ilmu barunya. .sangat membntu

  5. nisa berkata:

    saya ingin tanya….
    Kalo denyut nadi lemah, masih bagus gak? Bagaimana caranya agar frekuensi denyut nadi bisa normal ?

  6. Roberto berkata:

    lovely information post!

  7. damaikă berkata:

    trmaksh y, pengetahuan sya jdi bertambh,ketika bca informasi ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s