Miredian

Meridian adalah jalur atau tempat mengalirnya chi dan darah dan merupakan titik-titik akupresur atau akupunktur, dimana anda dapat masuk ke dalam aliran chi tersebut. Meridian berbeda dengan salurah darah. Sistem meridian menyatukan semua bagian tubuh, hal utama untuk menjaga agar tercapai keseimbangan yang harmonis. Ada ungkapan yang menyatakan,”Meridian-meridian mengggerakkan chi dan darah, mengatur Yin dan Yang, melemaskan otot dan tulang, bermanfaat bagi sendi-sendi.”
Pengobatan Cina memandang meridian sebagai suatu jaringan yang menghubungkan interior dan eksterior: organ dalam dengan permukaan tubuh, jaringan dengan jiwa (Shen). Alasan inilah yang mendasari teori akupunktur, titik-titik pada permukaan tubuh akan memberi dampak pada dalam tubuh, karena dampak itu akan mengalir melalui meridian-meridian. Menurut naskah kuno disebutkan di dalam tubuh terdapat 360 titik akupunktur pada 12 saluran dikendalikan oleh 66 titik-titik utama, di mana 66 titik itu diatur oleh 8 titik pusat. Delapan titik pusat ini dapat dipergunakan untuk menyembuhkan 243 macam gejala penyakit. Pemahaman akan 8 titik pusat ini adalah kunci utama untuk memahami pengobatan Cina.
Meridian merupakan sistem jalur energi yang terangkai sepanjang sumbu panjang tubuh dengan perkecualian pembuluh Luo dan Dai Nai, dua jalur luar biasa (ada 12 pembuluh luar biasa) yang melingkari pinggang seperti halnya sebuah ikat pinggang.
Ada 12 meridian yang diberi nama sesuai dengan masing-masing nama organ Zang dan organ Fu. Organ meridian adalah jalur utama energi yang menghubungkan organ tertentu dengan organ lain dan permukaan tubuh.
Setiap meridian Yin mempunyai padanan pada meridian Yang. Penggunaan meridian ini disambungkan oleh pembuluh Luo – berarti menghubungkan/mengkaitkan, yang menjadi gerbang ‘pintu air’ untuk menjaga atau mengurangi risiko terjadi kelebihan atau kekurangan chi pada organ-organ terkait.

Pasangan organ-organ Yin dan organ-organ Yang

Tentang AKUPUNTUR

aku sedang belajar menulis
Pos ini dipublikasikan di Meredian. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s