Mengenal Chi

Belajar Tentang Chi

Belajar Tentang CHI

Semua chi dalam tubuh menunjuk kepada istilah umum seperti chi normal (zheng chi) atau seringkali disebut dengan chi asli (zhen chi). Chi normal adalah chi yang belum terdeferensiasi menjadi bentuk-bentuk tertentu atau dikaitkan dengan fungsi-fungsi spesifik.


Sumber Chi 

Chi asal (yuan chi) seringkali disebut dengan chi bawaan sebelum lahir yang diwarisi dari kedua orang tua kepada anak-anaknya dan disimpan di ginjal. Chi dari makanan (gu chi) yang diambil dari makanan yang sudah dicerna menjadi sari makanan. Chi dari udara (kong chi) yang diekstrak oleh paru dari udara yang dihirup.


Ketiga bentuk chi ini bercampur untuk menghasilkan chi normal yang dialirkan keseluruh tubuh sehingga ada ungkapan “Tak ada bagian tubuh yang tidak mempunyai, dan tak ada suatu tempatpun dimana chi tidak terpenetrasi.” Fungsi-fungsi Chi Chi normal, sekali terbentuk, dapat dibagi menjadi beberapa bagian – secara spesifik, dengan fungsi yang spesifik pula. Di dalam tubuh Chi mempunyai 5 fungsi utama. Melalui kelima aktivitas ini chi bertanggung jawab terhadap keintegrasian fisik dan perubahan-perubahan yang terjadi secara menyeluruh di dalam tubuh.

Chi sumber segala gerakan di dalam tubuh dan terlibat dalam setiap gerakan. Fungsi ini mencakup gerakan dalam arti luas seperti gerakan fisik (jalan, dansa), gerakan tanpa sadar (bernafas, jantung berdetak), kemauan kita (makan, bicara), gerakan normal (berpikir, mimpi), proses kehidupan (lahir, dewasa dan tua) semua itu bergantung pada chi. Di dalam tubuh, chi mempunyai gerakan teratur dengan 4 arah utama: naik, turun, masuk dan ke luar. Tanpa masuk tidak ada perkembangan, tanpa naik dan turun tidak ada penyerapan dan penyimpanan. Jika chi tidak memadai, jika gerakan chi tidak teratur, adalah awal ketidakharmonisan. 

Chi melindungi tubuh dari faktor-faktor luar (akan dijelaskan kemudian) dan melawan mereka. Apabila faktor luar tidak dapat disingkirkan, maka hal ini terjadi karena tubuh kekurangan chi. 

Chi sumber transformasi harmonis dalam tubuh. Apabila makanan yang dicerna, untuk kemudian diubah menjadi substansi seperti darah, chi itu sendiri, air mata atau air kencing. Perubahan-perubahan ini tergantung pada fungsi transformasi chi. 

Chi mengatur substansi tubuh dan organ-organ tetap pada tempatnya. Dengan kata lain chi menjaga agar segala tetap pada tempatnya masing-masing – menjaga setiap organ pada tempat yang sesuai, menjaga darah berada pada salurannya dan melindungi tubuh agar tubuh tidak terlalu banyak mengeluarkan cairan tubuh seperti liur atau keringat. Chi menghangatkan tubuh. Menjaga tubuh yang normal, secara keseluruhan, adalah fungsi pemanas tubuh.

Jenis-jenis Chi 
Setelah kita mengetahui kelima fungsi utama seperti yang sudah disebut sebelumnya, tampaknya setiap fungsi-fungsi itu menunjuk kepada suatu jenis chi. Jenis-jenis chi ini dikaitkan dengan aktivitas tertentu atau bagian-bagian tubuh tertentu, sehingga kita kenal 5 tipe chi, seperti akan disebutkan di bawah ini. 

Chi organ (zang fu zhi chi)
Setiap organ tubuh mempunyai chi sendiri, dimana aktivitas-aktivitasnya mempunyai karakteristik sesuai dengan organ terkait. Apabila kita mendengar istilah chi jantung atau chi paru, keduanya mengandung substansi chi yang sama, tetapi karena aktivitas yang berhubungan dengan jantung berbeda dengan aktivitas pada paru; Jantung dan paru mempunyai mekanisme yang berbeda yaitu tergantung pada chi mereka masing-masing (akan dijelaskan kemudian). 

Chi meridian (jing luo zhi chi)
Meridian-meridian sangatlah unik dan merupakan bagian terpenting dalam teori pengobatan Cina. Pada tubuh terdapat saluran-saluran dan jalur-jalur dimana chi mengalir sepanjang organ-organ tubuh dan bagian-bagian tubuh lainnya, menyesuaikan dan mengharmoniskan aktivitas mereka. Chi normal yang mengalir melewati jaringan komprehensif ini disebut dengan chi meridian. 

Chi nutrisi (ying chi)
Chi ini terkait erat dengan darah. Chi ini memanifestasikan dirinya dengan darah dan mengalir bersama-sama dengan darah melalui saluran-saluran darah. Aktivitas utamanya adalam mengubah (transformasi) sari makanan yang diambil dari makanan yang kita makan ke dalam darah. Chi nutrisi merupakan faktor terpenting dalam memasok sari makanan bagi tubuh. 

Chi pelindung (wei chi)
Chi in bertanggung jawab dalam menahan dan melawan faktor-faktor luar yang mengancam saat mereka akan memasuki tubuh. Chi ini bergerak dari dalam dada dan rongga-rongga di bagian perut, mengalir diantara kulit dan otot. Chi ini pula yang mengatur kelenjar keringan dan pori-pori, dan memberi kelembaban serta melindungi kulit dan rambut. 

Chi dada atau chi lelluhur (zong chi)
Chi ini terdapat di dada, dimana membenruk apa uang disebut dengan “lautan chi.” Dari dada, chi ini mengalir ke tenggorokan, mengubungkan jantung dan saluran-saluran darah dan mengaktifkan pernafasan. Fungsi utamanya adalah membantu dan menjaga keharmonisan antara nafas dan detak jantung, dan sangat erat kaitannya dengan organ paru dan jantung.

Tentang AKUPUNTUR

aku sedang belajar menulis
Pos ini dipublikasikan di CHI. Tandai permalink.

3 Balasan ke Mengenal Chi

  1. WOWO SUNARYO berkata:

    Semoga anda memperoleh berkat dari Tuhan, telah menyiarkan pengetahuan pengobatan tradisional. Bagi saya merupakan salah satu bentuk pengetahuan luar biasa. Terima kasih atas segala kebaian anda.

    wowo suanryo

  2. AKUPUNTUR berkata:

    Terimakasih.. atas komentarnya saya berharap blog ini bermanfaat…

  3. Ardi Bangunjiwo berkata:

    Perlu dibagi kesesama

    jika boleh inbox japri , jika bisa bersinergi dalam sebuah sesi pelatihan

    Mohon email

    abimanyu.bawono@gmail.com

    Salam Sejati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s