Sekresi & kotoran

Dalam hal ini yang sdimaksud adalah dahak, ingus, muntahan, air kencing dan kotoran (faces). Oleh karena dahak, ingus dan muntahan dapat dilihat, maka semua itu dikategorikan sebagai pemeriksaan dengan cara melihat. Pemeriksaan air kencing dan kotoran biasanya dilakukan dengan bertanya pada pasien, maka masuk dua hal terakhir ini masuk kategori pemeriksaan dengan bertanya.
Dahak atau ingus bening dan encer yang keluar dari hidung atau tenggorokan biasanya merupakan bagian dari (penyebab) dingin. Apabila dahak atau ingus berwarna kuning dan kental, mengindikasikan (penyebab) panas. Dahak atau ingus dalam jumlah banyak dan keluar bersamaan dengan batuk mengindikasikan pasien terkena (penyebab) lembab.
Dahak berdarah biasanya menunjukkan panas yang menyerang paru-paru.

Muntahan
Muntahan yang encer, bening dan encer menunjukkan pola (penyebab) dingin dan pasien kekurangan (defisiensi) chi lambung, yaitu dengan tanda-tanda: makanan masih belum dicerna, bentuk utuh dan pasien tidak mengalami rasa masam di mulut. Rasa masam di mulut biasanya mengindikasikan adanya panas yang bernaung di lambung. Muntahan berwarna kuning dan terasa pahit adalah pertanda adanya panas pada hati atau pada kantung empedu.

Mendengarkan & membaui

Cara pemeriksaan ini terkait dengan berbagai gejala umum, dimana semua itu mempunyai peran yang sama pentingnya untuk melakukan suatu diagnosis.
Suara yang keluar dari pernafasan adalah indikasi utama. Suara serak dan nafas keras menunjuk terjadi kelebihan (ekses). Nafas lemah dan terputus-putus menunjuk kekurangan (defisiensi), suara pelan dan sulit bicara terjadi karena (penyebab) kering. Suara yang tiba-tiba menghilang disebabkan oleh faktor lain, dimana kehilangan suara kronis juga menunjuk kekurangan. Suara mendesah seringkali menunjuk adanya dahak.

Tentang AKUPUNTUR

aku sedang belajar menulis
Pos ini dipublikasikan di Diagnosa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s