Melihat

Melakukan diagnostik dengan melihat penampilan seorang pasien perlu memperhatikan 4 karakteristik utama yang dapat terlihat oleh mata. Pertama, adalah penampilan secara umum, termasuk bentuk fisik/tubuh pasien, tingkah laku pasien dan kelakuannya saat dilakukan diagnostik dan Shen pasien. Kedua, warna atau rona wajah pasien. Karakteristik ketiga adalah dengan melihat lidah, termasuk di sini adalah bentuk dan gerakan lidah, material yang terdapat pada lidah atau menutupi lidah. Terakhir, keempat adalah sekresi tubuh, seperti: keringat dan kotoran. Seorang praktisi pengobatan Cina dapat membuat prioritas berdasarkan pengalamannya, akan tetapi biasanya dimulai dari melihat lidah, warna rona wajah, sekresi & kotoran dan penampilan fisik.

Penampilan
Bentuk fisik pasien dapat memberi indikasi tentang kondisi kesehatannya. Orang yang kuat dan tegap mempunyai organ-organ tubuh kuat. Apabila ketidakharmonisan terjadi pada orang ini, maka semua itu terjadi oleh karena kekuatan orang tersebut. Orang yang tampak lemah cenderung mempunyai organ-organ tubuh yang lemah dan ketidakharmonisan yang terjadi adalah karena kelemahan organ tersebut.
Orang yang kelebihan berat tubuhnya mudah mengalami kekurangan chi, sehingga dia mudah pucat atau menderita bengkak. Berat tubuh yang berlebihan juga mempunyai indikasi kelebihan mucus atau lembab. Sebaliknya, orang kurus dengan dada tipis dan kulit kering mudah kekurangan yin atau darah. Dalam jangka panjang kedua kondisi sakit di atas dapat membuat Jing terkuras.
Cara yang lebih tepat, barangkali, adalah mengamati tingkah laku dan emosi pasien. Orang aktif, senang keluyuran, cerewet, agresif dan mudah tersinggung biasanya manifestasi dari Yang. Orang pasif, senang tinggal rumah, tenang adalah manifestasi dari Yin. Gerakan cepat biasanya mengindikasikan adanya panas; gerakan lambat, berhati-hati biasanya indikasi dari dingin. Mengamati Shen berarti memperhatikan ekspresi wajah pasien, bentuk tubuh, cara bicara, daya terima/tanggapan, pandangan dan sinar mata, reaksi, kejernihan pikiran.

Rona wajah
Cara yang paling tepat, menurut pakar kesehatan Cina, adalah dengan melihat lidah dan memeriksa denyut nadi. Apabila tatapan mata tanpa sinar atau wajah ‘berkabut’ menunjuk bahwa Shen habis atau tubuh dalam keadaan tidak harmonis. Shen merupakan ‘induk’ dari Chi dan darah, evaluasi terhadap Shen mengacu pada kuat/lemahnya kedua substansi itu. Dokter Cina seringkali menyebutkan dengan istilah ‘mempunyai Shen’, ‘kekurangan Shen’ dan ‘Shen salah’. Shen salah biasanya terjadi setelah pasien mengalami sakit berkepanjangan, yaitu pada saat pasien merasa bahwa dirinya akan meninggal.

Tentang AKUPUNTUR

aku sedang belajar menulis
Pos ini dipublikasikan di Diagnosa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s