Melihat Lidah

Melihat lidah adalah satu satu cara yang paling tepat untuk memeriksa kondisi kesehatan seorang pasien. Ada cara lain yaitu memeriksa denyut nadi. (akan dijelaskan kemudian).
peta lidahAda yang mengambarkan cara melihat lidah ini seperti halnya kertas litmus yang ditetesi dengan cairan asam atau cairan basa yaitu akan segera diketahui kualitas-kualitas utama penyebab ketidakharmonisan.
Banyak gejala tetapi baru dapat diartikan apabila semua konfigurasi telah diketahui, akan tetapi melihat lidah adalah suatu interpretasi yang paling penting.
Dokter Cina membedakan lidah menjadi 2 hal, yaitu: material lidah dan lapisan lidah. Lapisan lidah dapat diartikan sebagai lapisan yang menyelimuti lidah sehingga dikenal istilah lidah ‘berlumut’ atau lidah ‘berbulu’. Material lidah dan lumut lidah adalah dua hal yang berbeda dalam melakukan pemeriksaan dengan cara melihat lidah. Material lidah adalah derajat/rona warna lidah dan kelembaban lidah, di mana hal ini yang membedakan antara lidah orang sehat dan lidah orang sakit.

Lidah orang sehat atau lidah normal berwarna merah pucat dan lembab. Warna ini terjadi karena darah yang mengalir ke lidah juga membawa chi yang mengalir pelan. Apabila ada pesien dengan warna lidah normal, tetapi sakit, maka hal ini dapat diartikan bahwa darah dan chi mengalir lancar, sehingga prognosis akan menjadi lebih mudah. Lidah berwarna pucat memberi indikasi kekurangan darah atau kekurangan chi atau orang tersebut kedinginan. Sebaliknya, warna lidah yang terlalu merah menunjukkan panas bersemayam di dalam tubuh.
Lidah berwarna ungu biasanya menunjukkan bahwa darah dan chi tidak bergerak dengan harmonis dan ada kemungkinan chi mengalami stagnasi atau terjadi pembekuan darah.
Lidah yang mengecil biasanya menunjukkan gejala kekurangan darah atau cairan tubuh. Lidah kaku menunjuk kepada dampak angin atau ada mucus menutupi aliran chi jantung. Lidah yang tidak dapat diam atau terus bergetar an pucat menunjuk ketidakcukupan chi pengatur gerakan. Lidah merah menunjuk gejala angin internal bergerak di dalam lidah.
Lidah berwarna ungu atau pucat dan kaku biasanya karena dingin menyerang tubuh. Lidah yang pecah-pecah adalah normal jika memang ada sejak lahir. Akan tetapi jika bukan kondisi di atas, lidah pecah menunjuk kepada penyakit kronis. Lidah merah dan pecah-pecah biasanya merupakan pertanda panas melumpuhkan produksi cairan tubuh atau kekurangan Yin; Lidah pucat dan pecah-pecah menunjuk kekurangan darah dan chi.
Pori-pori lidah yang membesar atau tampak seperti duri-duri dan merah biasanya terjadi karena panas atau pembekuan darah. Tanda-tanda di atas biasanya hanya terjadi pada bagian tertentu pada lidah, karena lidah mempunyai kaitan dengan organ-organ pada tubuh. Misal: ujung lidah berhubungan dengan organ jantung.

Tentang AKUPUNTUR

aku sedang belajar menulis
Pos ini dipublikasikan di Diagnosa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s