Denyut Nadi I

Guna mempermudah dalam membedakan berbagai jenis denyut nadi, maka denyut nadi dibagi menjadi: kedalaman (depth, pada tingkatan mana denyut masih terasa, kecepatan (speed), lebar (width), kekuatan (strength), panjang (length), bentuk (shape) & kualitas (quality), irama (rhythm), moderat (moderate) dan denyut-denyut nadi lainnya.

Kedalaman denyut nadi (terbagi menjadi 3 tingkat, yaitu: luar: kulit, menengah: otot/daging dan dalam: tulang).
Denyut nadi mengambang (floating pulse) ‘lebih tinggi’ dari denyut normal, meskipun perbedaannya tidak terlalu terasa di kulit, di mana akan lebih terasa pada tingkat menengah atau tingkat dalam. Denyut ini merupakan pertanda adanya dampak kuat menyerang organ tubuh tertentu dan chi pelindung berupaya melawan dampak buruk tersebut. Denyut nadi mengambang masuk dalam kategori Yang karena terkait dengan luar tubuh dan karakteristik Yang. Denyut nadi mengambang juga pertanda pasien kekurangan Yin. Hal ini ditunjukkan dengan denyut aktif atau ‘menari’, yang menunjuk kelebihan Yang atau kekurangan Yin. Apabila denyut nadi mengambang tetapi mempunyai tekanan kuat, dan tidak ada serangan dari dampak luar, besar kemungkinan gejala angin dalam (tubuh).
Denyut nadi tenggelam (sinking atau deep pulse) hanya terjadi pada tingkat dalam, yaitu pada saat nadi ditekan dengan kuat. Hal ini menunjuk ketidakharmonisan internal atau ada hambatan dalam tubuh dan masuk kategori Yin.

Kecepatan denyut nadi
Denyut nadi lambat (slow pulse) terjadi apabila denyut nadi kurang dari 4 ketukan (denyut) setiap tarikan dan mengeluarkan nafas. Hal ini merupakan pertanda bahwa dingin menghambat gerakan atau ada kekurangan Chi untuk menggerakkannya dan masuk kategori Yin.
Denyut nadi cepat (rapid pulse) terjadi apabila denyut nadi lebih dari 5 ketukan (denyut) setiap tarikan dan mengeluarkan nafas. Hal ini merupakan pertanda bahwa panas mempercepat gerakan darah dan masuk kategori Yang.

Lebar denyut nadi
Denyut nadi tipis (thin pulse) tangan terasa seperti menyentuh benang tipis. Denyut nadi terasa beda tetapi jelas. Hal ini menunjuk pasien kekurangan darah dan darah tidak mampu mengisi nadi dengan sempurna. Gejala ini biasanya diiringi dengan kekurangan Chi. Denyut ini masuk kategori Yin.
Denyut nadi besar (big pulse) disebut besar karena diameternya lebar yang merupakan pertanda terjadi kelebihan. Biasanya dirasakan apabila panas menyerang lambung, usus atau kedua-duanya. Denyut ini masuk kategori Yang.

Tentang AKUPUNTUR

aku sedang belajar menulis
Pos ini dipublikasikan di Diagnosa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s