Bertanya 2

Sakit kepala & pusing

Sakit kepala terkait dengan pola-pola ketidakharmonisan, akan tetapi apabila pasien dapat merasakan atau mengetahui perbedaan sakit kepala akan sangat membantu diagnosis. Sakit kepala yang datang tiba-tiba terkait dengan dampak luar tubuh yang mengganggu Yang atau Chi kepala. Sakit kepala berkepanjangan (kronis) terkait dengan ketidakharmonisan internal. Beberapa sakit kepala adalah pertanda kondisi kelebihan, tetapi sakit kepala ringan, yang terus mengganggu adalah pertanda kekurangan. Organ tubuh yang terkait dengan sakit kepala adalah hati, kerena chi hati seringkali naik pada saat hati mengalami ketidakharmonisan.
Tempat sakit kepala juga sangat penting karena langsung dapat disembuhkan dengan mengetahui meridian organ terkait. Pusing, sama halnya sakit kepala, dapat disebut bagian dari suatu ketidakharmonisan. Biasanya terkait dengan pola kekurangan Yin atau kekurangan darah, di mana semua itu tergantung pada cara-cara diagnosis lainnya sebelum diinterpretasikan atau disimpulkan.

Rasa sakit

Rasa sakit adalah keluhan pertama pasien, yang membuat mereka datang. Rasa sakit pada daerah tertentu mencerminkan ketidakharmonisan pada organ yang terletak di situ.

Contoh: sakit di dada memberi indikasi ketidakharmonisan pada jantung atau paru-paru; sakit di tubuh bagian samping atau rusuk memberi indikasi ketidakharmonisan pada hati dan kantung empedu; sakit di solar plexus memberi indikasi ketidakharmonisan pada lambung dan limpa; sakit pada daerah sekitar abdomen di atas pusar memberi indikasi ketidakharmonisan pada limpa dan usus besar; sakit di sekitar daerah abdomen di bawah pusar memberi indikasi ketidakharmonisan pada usus besar, kandung kemih, uterus atau ginjal; Sakit pada selangkangan, daerah sekitar kelamin, dan hipogastrium (abdomen bawah) memberi indikasi ketidakharmonisan meridian hati; dan sakit punggung pertanda ketidakharmonisan pada ginjal.

Beberapa kualitas rasa sakit juga mendapat perhatian seperti dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Mengalami panas/dingin Kedinginan/kepanasan
Membaik/memburuk dengan sentuhan atau ditekan Defisiensi/berlebihan (ekses)
Membaik/memburuk setelah makan Defisiensi/berlebihan (ekses)
Makin parah pada udara lembab / badan terasa berat Lembab
Dibarengi dengan bengkak atau merasa ‘penuh’ Chi berhenti (stagnasi)
Rasa menusuk pada lokasi tertentu Pembekuan darah
Rasa sakit berpindah-pindah Angin atau Chi berhenti
Sakit kecil tapi disusul dengan lelah Kurang Chi atau lembab

Tentang AKUPUNTUR

aku sedang belajar menulis
Pos ini dipublikasikan di Diagnosa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s