Bertanya 1

Dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan, seorang ‘Dokter’ Cina dapat mengetahui data kesehatan pasien meskipun belum merupakan informasi siap saji yang digunakan sebagai dasar acuan pengambilan keputusan. Beberapa hal penting yang dapat dijadikan sebagai dasar diagnosis biasanya diajukan lewat pertanyaan-pertanyan yang menyangkut topik: sensasi panas atau dingin; keringat; sakit kepala atau pening; lokasi dan intensitas rasa sakit; air kencing dan kotoran; rasa haus; nafsu makan dan rasa yang ada pada mulut; tidur; hal-hal yang terkait dengan jenis kelamin tertentu seperti: haid; riwayat medis adalah beberapa hal yang paling penting.
Dengan bertanya dapat diketahui hal-hal yang sebelumnya masih hanya prakiraan, sehingga belum dapat digunakan sebagai dasar penentuan penyakit.
Di bawah ini secara sekilas akan diuraikan beberapa hal yang sudah disebutkan di atas.

Sensasi panas atau dingin
Sensasi dingin mengacu pada Yin dan panas mengacu pada Yang, yang terjadi karena ketidakharmonisan internal. Gejala panas dengan indikasi badan panas, penderita tidak menyukai udara panas atau tempat panas. Gejala dingin, sebaliknya, dengan indikasi badan menggigil dan menyukai udara panas.
Bila lasien tiba-tiba demam dibarengi dengan menggigil, hal ini mengidikasikan bahwa Chi tubuh berusaha mengeluarkan pengaruh berbahaya yang berasal dari luar tubuh; hal ini belum tentu karena dingin. Jika pasien demam tapi tidak menggigil, dikatakan bahwa penyakit menyerang bagian dalam tubuh dan demam adalah pertanda dari panas. Bila pasien tidak demam tetapi takut akan dingin, pasien ini biasanya menderita kekurangan Yang atau mengalami kekurangan Chi yang kronis. Terkadang memakai selimut juga tidak membantu. Jika dengan berselimut tubuh pasien menghangat, ketidakharmonisan ini terjadi karena kekurangan internal Yang atau masuknya pengaruh buruk dingin.

Keringat
Keringat terjadi apabila pori-pori terbuka. Kondisi ini kemungkinan disebabkan oleh berbagai ketidakharmonisan. Apabila pasien mengeluarkan keringat pada saat dia tidak melakukan aktivitas fisik, hal ini mengindikasikan bahwa Chi pelindung tidak dapat mengatur pori-pori dengan benar, di mana hal ini menunjukkan pola kekurangan Yang atau kekurangan Yin. Keringat banyak keluar saat tidur menunjukkan kekurangan Yin – kelebihan panas pada tubuh membuat pori-pori terbuka.
Jika pasien tidak mengeluarkan keringat selama sakit dan pasien menderita demam, banyak kemungkinan hal ini disebabkan oleh (pengaruh) dingin menutup pori-pori. Apabila berkeringat pada saat sakit, maka panas yang dari luar tubuh membuka pori-pori atau mungkin kekurangan Chi pada pori-pori sehingga tidak berfungsi normal. Jika pasien demam setelah berkeringat, menunjuk bahwa pengaruh buruk sudah dapat dikeluarkan.

Tentang AKUPUNTUR

aku sedang belajar menulis
Pos ini dipublikasikan di Diagnosa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s